All for Joomla All for Webmasters
Artikel

Ragam Efek dalam Dunia Percetakan

Dunia percetakan merupakan dunia yang sangat dekat dengan para desainer grafis. Oleh karena itu, penting bagi para desainer grafis untuk mengetahui hasil-hasil cetakan seperti apa saja yang dapat dihasilkan oleh percetakan. Bukan hanya sekedar menambah wawasan, tapi hasil percetakan ini akan menentukan sejauh apa kreatifitas sang desainer grafis dapat diwujudkan melalui percetakan. Salah satunya adalah pengetahuan teknik-teknik dalam dunia percetakan yang dapat memberikan efek yang menarik pada hasil cetak. Tidak banyak yang tahu bahwa dunia percetakan mampu menghasilkan efek-efek tersebut. Efek ini membuat hasil cetak tidak membosankan sehingga membuat orang ingin membaca bahkan menyimpan hasil cetak tersebut. Berikut ini beberapa efek dalam percetakan yang bisa anda coba :

  1. Translucent papers

Efek ini dibuat dengan cara mencetak hasil desain grafis ke atas media yang tembus pandang misalnya di atas kertas kalkir. Dengan menggunakan translucent papers, hasil cetak akan terkesan berlapis-lapis atau multilayered. Biasanya efek ini digunakan pada brosur atau undangan.

  1. Die Cut

Teknik ini dilakukan dengan menggunakan pisau logam yang tajam  namun disesuaikan dengan bentuk yang dekoratif. Teknik ini digunakan untuk membuat hasil cetak terlihat memiliki bingkai (frame).

  1. Concertina folding
    Teknik ini merupakan teknik penjilidan yang membuat hasil cetak yang ukurannya cukup panjang menjadi bisa dilipat kecil sehingga menjadi lebih praktis namun tetap kreatif.  Contohnya seperti di bawah ini:

 

  1. Poli (spot metallic inks)
    Teknik ini digunakan untuk membuat cetakan terlihat mengkilap seperti terbuat dari metal ataupun logam, seperti di bawah ini :

  1. Laser cutting
    Teknik ini digunakan untuk mempermudah kita dalam membuat jenis potongan yang rumit pada karya desain kita. Laser cutting membuat hasil potongan menjadi lebih rapi dan juga presisi, misalnya seperti hasil cetak di bawah ini :

    

Teknik ini jelas sangat mempermudah anda untuk membuat karya-karya yang kreatif tanpa harus repot-repot memotong bagian-bagian kecil dari desain anda.

  1. Emboss & Deboss
    Teknik Emboss dan teknik deboss banyak digunakan pada kartu nama ataupun undangan. Teknik emboss membuat hasil cetak timbul ke bagian atas. Sementara, teknik deboss membuat hasil cetak masuk ke dalam . Penggunaan teknik ini dapat memberikan kesan elegan pada hasil cetak. Teknik ini sudah banyak sekali digunakan.

  1. Pop-ups

Efek yang ditimbukan dari pop-ups mampu membuat para pembaca hasil cetak ingin menyimpan hasil cetak anda. Dulu, teknik ini banyak digunakan pada kartu ucapan selamat hari raya. Sebenarnya teknik ini pembuatannya cukup rumit. Pop up  membutuhkan 2 bidang halaman yang dilipat sebagai dasar dari efek pop-up. Pada saat di buka, pop-up tersebut akan muncul keluar.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most Popular

To Top