Macam Macam Jenis Kertas

Macam Macam Jenis Kertas

Percetakan Surabaya | Mengenal Kertas – Sebagian dari kamu mungkin terdapat yang belum tahu tentang macam atau jenis kertas, ukuran kertas bahkan faedah pemakaiannya. Namun bagi kamu yang telah lama bekerja dibidang percetakan tentunya telah tidak sedikit mengetahui Macam Macam jenis kertas apa yang biasa dipakai untuk undangan, brosur, id card, sertifikat dsb. Mari anda mengenal lebih tidak sedikit dari Jenis Kertas : Macam, Ukuran, Penggunaannya.

Macam-macam Nama Kertas

Ada tidak sedikit ragam kertas yang terdapat dipasaran, mencakup jenis macam dan manfaat yang berbeda. Perbedaan tersebut dapat diketahui dari ciri-ciri kertas tersebut. Dari ciri dan coraknya saya dan anda bisa mengetahui nama dari kertas laksana kertas HVS, art paper, kertas NCR, kertas Linen / Buffalo, Concorde paper, Fancy Paper, Corugated paper, dan lain2. Mari kita kupas satu persatu.

Kertas Art Paper

Art Paper ialah kertas yang permukaannya licin pun mengkilap. Art paper kebanyakan dipakai untuk kover buku, majalah dan pun kalender. Kertas jenis ini tidak sesuai untuk kebutuhan tulis menulis. Permukaannya yang dilapisi mengakibatkan daya serap tinta lebih lambat sampai-sampai tinta pulpen akan sulit kering.

Karena itu, art paper kerap dipakai untuk cetakan yang sifatnya promosional dan berukuran kecil, laksana kartu undangan atau kartu nama. Gramasi yang tidak sedikit digunakan yakni 85 gr, 100 gr, 115 gr, 120 gr, dan 150 gr.

Kertas HVS

HVS (Houtvrij Schrijfpapier) ialah kertas tulis yang bebas dari serat kayu. Kertas jenis HVS diciptakan dari pulp / bubur kertas, yang tidak berisi lignin yakni perekat antar serat di dalam pohon sampai-sampai tidak gampang berubah warna (menjadi kekuningan) bila ditaruh di bawah sinar matahari atau sinar lampu.

Ciri-ciri kertas HVS ialah permukaannya tidak dilapisi sehingga mempunyai sifat kasar / tidak mulus (rata) dan daya serap besar. Ukuran kertas HVS terdapat beragam, dari ukuran A4 sampai A0, ukuran F4, dan ukuran Q4. Sedangkan Gramasi atau ukuran berat kertas yang terdapat dipasaran ialah 70gr, 80gr, dan 100gr.

Kertas NCR Paper

Kertas NCR – Mungkin kamu asing mendengar nama tersebut. Tapi andai mendengar “Buku Nota”, atau andai melihat gambar mungkin kamu bisa langsung paham apa tersebut kertas NCR. NCR ialah kepanjangan dari Non Carbon Required.

Kertas NCR biasa dipakai dalam penciptaan nota, kwitansi atau bukti transaksi lainnya. Sebagian orang menyinggung kertas ini ialah kertas karbon sebenarnya kertas NCR justru diciptakan untuk menggantikan kertas karbon.

Secara faedah kertas karbon dan kertas NCR memang sama, yakni untuk mencatat tulisan. Tujuan utamanya untuk mencatat dokumen menjadi sejumlah rangkap. Kertas NCR ada sekian banyak varian warna, teksturnya lembut dan paling tipis.

Kertas Buffalo – Linen

Kertas Buffalo dan Linen ialah kertas yang dua-duanya serupa atau nyaris sama. Ciri dari jenis kertas ini yakni bertekstur dengan sekian banyak piihan warna dan lumayan tebal. Karena tekstur dan gramasinya lumayan tebal yakni 220gr dan 250gr sampai-sampai sangat sesuai untuk dijadikan cover buku, kegiatan atau nota.

Kertas Fancy

Fancy paper atau kertas fancy ialah jenis kertas dengan pelbagai warna dan karakteristik. Ada 3 jenis fancy paper yang biasa dipakai menurut keterangan dari corak dan ciri fisiknya : Fancy paper polos, Fancy paper tekstur dan Fancy Paper Vanguard.

Penggunaan kertas fancy ini seringkali dipakai sebagai paper cutting, kartu ucapan, scrap book, kerajinan tangan, prakarya sekolah, maket hias interior, arsitektur dan misal material desain grafis.

Kertas Concorde

Kertas Concorde ialah jenis kertas warna yang biasa digunakan dan bermanfaat untuk menciptakan sertifikat atau piagam. Kertas Concorde lazimnya mempunyai macam gramasi 160 gr, 220 gr, 220 gr, dan 250 gr. Tersedia sekian banyak warna dan umumnya dipasarkan per pack dengan isi 20 lembar. Jenis kertas ini sesuai untuk kartu nama dan booklet sebab mempunyai terkstur lembut ketika dipegang.

Corugated Paper

Kertas Corugated yakni jenis kertas bergelombang yang pemakaiannya biasa guna dos packer laksana dos mie instant, dos computer , kartu undangan khusus untuk sekian banyak acara formal dsb.

Bahan kertas ini memiliki format yang sangat serupa dengan kardus tetapi dengan ketebalan yang lebih tipis. Umumnya pada kertas corugated melulu tersedia warna cokelat muda saja, sampai-sampai agak susah untuk dikreasikan.

Kertas Ivory

Kertas Ivory Paper mempunyai tekstur yang nyaris sama dengan art carton, namun ivory melulu mempunyai satu sisi licin, sisi yang beda tanpa coating. Biasanya kerta Ivory sering dipakai untuk paperbag dan dos kosmetik.

Selain tersebut kertas Ivory pun adalahjenis kertas yang sangat sesuai untuk poster, kitab agenda dan kemasan produk makanan laksana paper tray atau box kebab. Karakteristiknya lumayan tebal, gramasi yang biasa dipakai 210 gr, 230 gr, 250 gr, 310 gr, dan 400 gr.

Kertas Samson

Kertas samson ialah kertas yang diubah melalui hasil daur ulang yang seringkali sering dipakai untuk bahan paper bag atau amplop surat. kertas samson ini tidak sedikit dijual secara gulungan di toko-toko perangkat tulis atau fotocopy sampai-sampai jenis kertas ini lumayan mudah didapatkan. Dengan gramasi 70 gr 80 gr, 150 gr, dan 220 gr, banyak sekali kertas samson ini berwarna cokelat.

Kertas Duplex

Kertas Duplex ialah jenis kertas yang paling gampang dikenali dan sangat sering dipakai terutama untuk penciptaan dos packaging makanan, laksana kotak kue, kemasan nasi kotak dan kertas ini lazimnya juga digunakan untuk kemasan obat-obatan.

Duplex paper mempunyai dua varian warna, terdapat yang berwarna putih satu sisinya sementara sisi lainnya berwarna abu-abu dan ada pun yang berwarna putih pada sisi keduanya. Kertas duplex memiliki sejumlah gramasi yakni 230gr, 250gr, 270gr 300gr, 350gr, dan 400gr.

Kertas Jasmin Paper

Kertas Jasmin – Para pengusaha cetak kartu undangan pernikahan tidak sedikit yang memakai kertas jasmin ini. Karena kertas jasmine mempunyai butiran gliter di permukaannya sampai-sampai menjadikan kartu undangan terkesan mewah.

Disamping tersebut kertas jasmine juga sesuai dijadikan anvelope perkantoran. Kertas ini memang dapat memunculkan 2 kesan yang paling jauh berbeda, yakni ekslusif atau murahan. Kesan ekslusif dan murahan ini bakal timbul, saat hasil telah dapat anda lihat secara keseluruhan.

Kertas BW, BC atau Manila

Kertas BW/BC/Manila ialah kertas yang bertekstur. Biasanya kertas ini tidak sedikit digunakan untuk menciptakan kartu nama, kartu stok barang atau stofmap dengan sekian banyak varian warna. Di luar daripada art carton, kertas BW pun bahan yang lazim dipakai untuk penciptaan kalender.

Kertas BW atau blues white memiliki sejumlah nama laksana kertas BC atau kertas manila. Jenis kertas ini tersedia sejumlah warna dengan tekstur yang halus pada permukannya. Gramasi populer dipakai 160 gr, 220 gr, dan 250 gr.

Board Paper

Board Paper ialah kertas tebal yang paling kaku. Biasanya melulu tersedia warna cokelat dan warna kuning. Board paper tergolong kertas karton, akan namun tingkat ketebalannya bervariasi dari 0,4 mm hingga yang sangat tebal ialah 4,3 mm. Board Paper ialah jenis kertas yang biasa dipakai sebagai bahan cover kitab atau guna papan pemberitahuan di sekolah dan di kantor.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.