All for Joomla All for Webmasters
Artikel

Jenis Kertas untuk Keperluan Cetak

Begitu banyak jenis kertas yang bisa digunakan untuk keperluan cetak. Klikprint merangkum sebagian dari jenis kertas yang biasa dipakai untuk keperluan cetak.

1. HVS ( Houtvrij Schrijfpapier / dari bahasa Belanda ).
Kertas warna putih biasannya digunakan untuk fotocopy atau print. Dengan ukuran A4-A0 ada pula yang F4 danQ4.

2. HPL.
Kertas warna-warni ( merah, kuning, hijau, biru ) jenis kertas HVS tapi tersedia hanya ukuran F4. Digunakan untuk pembatas buku skripsi. Bisa juga untuk brosur print BW( blackwhite ).

3. AP (Art Paper).
Kertas warna putih yang lentur dan tipis serta agak mengkilap, digunakan untuk cetak kertas, isi majalah, leaflet, annual report, kalender dan pelapis hardcover.

4. MP (Matte Paper).
Hampir sama dengan art paper cuma yang ini tidak mengkilap. Kalau bikin pin biasanya pakai jenis kertas yang ini.

5. AC (Art Carton).
Lebih tebal dari art paper dan matte paper. Aplikasinya untuk kartu nama, poster, foto, undangan, isi buku, kalender meja, cover majalah ( soft cover ).

6. Concorde.
Dengan warna putih atau krem jenis kertas yang bertekstur ini ada yang tipis dan tebal. Untuk print kop surat dan sertifikat.

7. BW (Blues White).
Putih dengan gramatur tebal dengan tekstur yang terasa jelas/agak kasar karakter dari kertas ini. Biasa untuk print kartu nama dan sertifikat.

8. Coronado.
Mirip dengan BW cuma teksturnya yang lembut yang membedakan jenis kertas ini dengan Blues White.

9. Fancy.
Tekstur yang jelas dan bisa dibilang agak kasar adalah ciri kertas yang satu ini. Kartu nama, kartu ucapan, undangan bisa dibuat dengan kertas yang satu ini.

10. Kalkir.
Kertas transparan untuk print gambar kerja atau gambar sablon. Tersedia ukuran A0, A1, A2.

11. Sticker.
Kertas sticker untuk print sticker.

12. Samson.
Adalah kertas daur ulang dengan warna coklat. Digunakan untuk cetak paper bag atau packaging, jenis kertas ini biasa disebut juga kraft linear.

13. Linen.
Kertas dengan banyak pilihan warna ( lebih dari 10 warna ) bertekstur dan tebal, kertas ini cocok untuk cover buku. Ada jenis kertas yang hampir sama dengan kertas linen ini yaitu kertas buffalo.

14. Omega / Asturo.
Kertas warna-warna dengan ukuran kurang lebih double A3. Biasa difungsikan sebagai cover, khususnya untuk cover buku hardcover yang menggunakan poly ( lapisan untuk menghasilkan warna seperti warna emas/perak ).

15. BC ( Brief Card ).
Warna kertas putih, jika mengenal buku gambar waktu kita sekolah SD dulu, kurang lebih jenisnya seperti kertas tersebut. Di digital printing kertas BC digunakan untuk membuat buku hardcover. Difungsikan untuk menyambungkan isi dengan cover.

16. HSSD ( Hybrid Super Standard ).
Sering digunakan untuk buku-buku novel, isinya jenis kertas HSSD, kertas warna coklat buram dan terasa lebih ringan bila dibandingkan dengan kertas HVS. Dimaksudkan agar saat membaca tidak silau karena kertas yang terang, sehingga mata tidak gampang lelah saat membaca.

Jenis-jenis kertas tersebut di atas disesuaikan dengan tujuan penggunaannya. Jangan sampai Anda salah pilih bahan kertas yang akan digunakan untuk kebutuhan cetak Anda

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most Popular

To Top