Bingung cara memadukan warna? Skema warna

Company ProfileDaftar Harga

Halo sobat kali ini bakal saya bhs tentang skema warna, Skema warna ialah hal yang urgen untuk diketahui khususnya bagi kamu yg berlangsung di dunia desain grafis atau percetakan. Dengan mempelajari skema warna, anda menjadi tahu warna-warna apa saja yang sesuai untuk dipadukan saat menciptakan hasil karya desain yang bakal dicetak. Terdapat 7 skema warna yang akan anda bahas. Namun pada tulisan kali ini anda akan membicarakan 4 skema warna saja.

Skema warna monokromatik (monochromatic color scheme)

Skema warna ini diciptakan dengan memakai satu warna yang sama pada roda warna namun diciptakan dalam sejumlah shades (gelap), tints (terang), atau tones sehingga menyerahkan perpaduan warna yang bertolak belakang pada warna monokromatik. Shades ialah warna murini yang dicampurkan dengan warna hitam. Tints ialah warna murni atay hue yang dicampurkan dengan warna putih. Tones adalan warna murni atau hue yang dicampurkan dengan warna abu-abu. Skema warna ini menyerahkan kesan bersih dan elegan.

Pada misal skema monokromatik di bawah ini, semua badan lure memakai versi warna hijau. Warna yang dibutuhkan ialah hijau, hitam, dan putih. Dengan memakai rasio yang bertolak belakang dari putih ke hijau atau hitam ke hijau akan menyerahkan semua variasi warna yang kamu butuhkan.

Berikut ini misal lain dari warna monokromatik:

 

Skema warna yang saling melengkapi (complementary color scheme)

Dalam skema warna ini, seluruh warna yang digunakan ialah warna yang saling bertentangan pada roda warna. Mata manusia ingin tertarik pada sesuatu dengan warna komplementer. Ketika kamu merancang lure (umpan palsu) untuk dipasarkan komersil dicat dengan warna komplementer (ungu dan kuning), dan menanam umpan monokromatik disamping umpan komplementer dalam satu rak, semua pembeli/pemancing barangkali lebih tertarik pada umpan dengan warna komplementer (dengan asumsi pengerjaan cat yang baik).

Contoh dapat disaksikan pada gambar di bawah ini. Anda barangkali akan menyaksikan bahwa skema warna ini ingin untuk menyerahkan hal yang lebih bila dikomparasikan dengan warna monokromatik. Ini ialah ciri khas umpan yang dicat dengan teknik komplementer, orang-orang menyaksikan demikian.

Warna skema barangkali melibatkan warna kombinasi. Pasangan komplementer merangkum biru dan oranye, merah dan hijau, serta ungu dan kuning. Skema warna komplementer ini bisa menggunakan sekian banyak tingkat kecerahan dan kejenuhan guna meningkatkan sekian banyak warna.

Skema warna analog (Analog Color Scheme)

Skema warna yang analog memakai satu warna pada roda warna dan dua warna di sebelahnya. Contoh skema warna Analog hangat ialah merah, oranye dan kuning atau sedangkan skema warna analog dingin ialah biru, ungu dan hijau.

Pendekatan skema analog yakni memilih warna, 3 hingga 5 warna yang berdampingan satu sama beda dalam diagram roda warna. Skema analog yang sangat terkenal ialah skema warna yang dipakai pada umpan klasik firetiger dengan pola yang terdiri dari warna hijau terang, kuning, dan orange.

Skema warna Triadic (Triadic color scheme)

Skema warna Triadic mempunyai kombinasi tiga hue yang relatif berjarak sama dalam color wheel. Gambar di samping merupakan misal dari skema warna Triadic, dimana ada tiga kombinasi hue yakni hue warna merah, kuning, dan warna biru. Ketiga hue ini adalahwarna primer sampai-sampai mempunyai jarak yang sama dalam color wheel. Warna kuning mencerminkan kehangatan yang dilengkapi dengan warna merah pada latar yang memperkuat gambar yang mempunyai sifat yang panas. Warna biru pada pakaian yang mempunyai sifat dingin memecah keadaan panas pada gambar tersebut. Dari ketiga kombinasi hue pada gambar tersebut memunculkan kesan yang dinamis.

Jika suatu segitiga sama sisi ditarik di atas roda warna, sudut yang bakal menyentuh tiga warna. Warna menyentuh dirasakan warna triadic. Warna-warna primer triadic, laksana warna sekunder dan warna tersier.

Skema warna Tetradic (Tetradic color scheme)

Skema warna tetradic ialah skema warna yang melibatkan dua pasangan yang saling melengkapi secara bersamaan. Jika persegi panjang digambar di atas roda warna, dua pasangan yang saling melengkapi sentuhan sudut bakal menjadi dasar guna skema warna triadic. Skema warna tetradic merupakan skema warna yang perumahan dan beragam. Skema warna tetradic disebut pun sebagai ganda komplementer sebab menggunakan dua set warna komplementer. Meskipun skema ini dapat terlihat bervariasi dan berwarna-warni, akan namun ini susah untuk menyeimbangkannya.Skema warna split komplementer (Split complementary color scheme)

Skema ini ialah kombinasi warna-warna yang saling bersebrangan letaknya dalam lingkaran warna. Split komplementer memakai satu warna dan dua warna di sisi objek yang melengkapi. Warna primer ialah merah, kuning dan biru. Warna-warna sekunder ungu, hijau dan oranye. Warna salah satu warna-warna primer dan sekunder dinamakan warna tersier. Contoh : Merah dan hijau, Kuning kehijauan dan ungu kemerahan

Skema warna persegi(Square color scheme)

Skema warna persegi serupa dengan skema warna tetradic, namun dengan empat warna spasi secara merata di dekat lingkaran warna. Skema warna persegi merupakan skema warna yang sangat kompleks dan beragam. Skema warna ini bakal lebih baik andai membiarkan satu warna menjadi dominan. Juga mesti memperhatikan ekuilibrium antara warna-warna hangat dan sejuk dalam desain yang akan anda buat.

Demikianlah sedikit coretan mengenai skema warna, Pada artikel berikutnya kita akan membahas 4 skema warna lainnya. Simak terus artikel dari kami agar anda dapat menemukan perpaduan warna yang baik untuk desain yang akan anda cetak. Jangan Bingung memadikan warna, pelajari skema warna dan Selamat mencoba!

CETAK ONLINE SURABAYA

Percetakan Surabaya - CV Padmasolutindo
Jl. Medayu Utara V / 86 Surabaya - Jawa Timur
Email : bukaprint@gmail.com

Produk Percetakan

Cetak Nota, Cetak Kop Surat, Cetak Katalog, Cetak Company Profile, Buku Yasin, Buku Doa, Cetak Agenda, Cetak Paperbag, Cetak Buku Kenangan, Buku Tahunan Sekolah, Yearbook, Paket Seminar KIT

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.